Keseruan Acara Haflah Imtihan & Akhirussanah RA,TPA, MDTA Baiturohim dengan pentas seni para peserta didik

sumber foto : pribadi


Waktu berjalan begitu cepat, perjalanan belajar semua siswa siswi sudah usai untuk satu tahun ini. Pencapaian pencapaian mereka pun sangat diapresiasi oleh pihak yayasan Baiturohim 

Dengan berakhirnya masa belajar ini, yayasan Baiturohim mengadakan acara akhirussanah pada hari sabtu tgl 15 juni 2024. Acara yang di meriahkan oleh seluruh siswa dan siswinya, mereka turut ambil bagi dalam setiap kegiatan yang akan ditampilkannya. 


Seperti pada umumnya, acara dimulai dengan sambutan sambutan dari ketua yayasan, kepala sekolah, dan juga sambutan dari tokoh masyarakat sekitar tempat yayasan ini berdiri. 


sumber foto : pribadi

Pelepasan siswa dan siswi untuk tingkat RA menjadi awal pokok dari acara ini. Para siswa dan siswi yang masih kecil ini, terlihat sangat antusias. Dengan wajah yang diberi riasan sederhana agar saat tampak tidak terlihat pucat, mereka memasuki area acara dengan sangat anggun dan gagah. 


Sorak sorai tepuk tangan dari para orang tua yang hadir pada saat itu terdengar saat riuh sekali. Mereka para orang tua, bangga dengan anak anak mereka yang telah mencapai satu tingkatan dalam dunia pendidikan, yaitu lulus RA.


sumber foto : dokumentasi yayasan

Acara dilanjutkan dengan pelepasan siswa siswi tingkat MDTA. Acara ini lebih bernuansa haru, karena setelah 6 tahun mereka bersama menjalani hari dengan penuh warna, baik suka ataupun duka, kini tiba saatnya hari untuk berpisah pun tiba. Banyak ilmu yang sudah di dapat oleh semua siswa, dan banyak pula kenangan yang berkesan bagi para guru dan juga para siswa untuk mereka kenang di kemudian hari. Semoga apa yang sudah dipelajari selama 6 tahun ini bisa menjadi bekal yang cukup untuk menjalani kehidupan di tingkat selanjutnya dan juga di kehidupan sehari hari mereka, sesuai dengan harapan semua orang. 


sumber foto : dokumentasi yayasan

Lanjut ke acara berikutnya, penampilan awal dimulai dari tingkat RA dimaksudkan agar anak anak tidak menjadi bosan karena menunggu terlalu lama. Acara yang ditunggu tunggu oleh semuanya. acara pentas seni yang akan mereka persembahkan untuk para orang tua dan tamu undangan. Tarian yang mengiringi lagu bungong jeumpa dari aceh ditampilkan oleh anak anak tingkat RA yang terlihat sangat imut dan lucu ini menarik perhatian semuanya. 


Selain menampilkan tarian daerah, siswa RA pun menampilkan tarian untuk mengiringi lagu anak anak yaitu anak gembala dan libur telah tiba. Tingkah laku dari anak anak ini membuat semua penonton menjadi tertawa riang. 


Tampilan berikutnya untuk tingkat TPA, para siswi menampilkan sholawat busyro. Persembahan yang membuat semua orang mengikuti untuk bersholawat. Bersholawat untuk nabi besar kita, Nabi yang sangat dicintai oleh umatnya, yaitu nabi Muhammad SAW.


sumber foto : dokumentasi yayasan

Untuk tampilan selanjutnya, setiap tingkatan menampilkan pertunjukan masing masing yang sudah didiskusikan sebelumnya, seperti  tarian dan menyanyikan lagu mars madrasah

Puncak dari acara akhirussanah ini yaitu pembagian piala, piagam dan hadiah untuk siswa siswi berprestasi dalam bidangnya. Pembagian hadiah ini dimaksudkan agar semua siswa dan siswi dapat terus meningkatkan belajarnya, dan menjadi motivasi untuk siswa siswi lainnya agar tetap semangat dan terus berusaha berjuang dalam memperoleh prestasi. Hadiah yang diberikan pun cukup sederhana saja, yaitu berupa alat tulis yang insyaallah bermanfaat untuk menerima hadiahnya. 


 
sumber foto : dokumentasi yayasan


Acara yang dimulai pukul 13.30 ini berakhir pada pukul 17.30 dengan istirahat pada waktu ashar tiba. Acara sederhana yang dilaksanakan hampir setiap tahun ini, ditutup dengan tampilan yang ciamik oleh siswa siswa yang sudah dihias sedemikian rupa meniru tampilan dari grup band soneta.



✨KOMINFO SCHOLARSHIP✨




Kini, Program Beasiswa S2 Luar Negeri Kementerian Kominfo 2024 resmi dibuka

"Breaking barriers, unlocking opportunities”, 

Beasiswa Kominfo akan membawamu untuk menempuh pendidikan dan pengalaman internasional bersama dengan 8 Mitra Perguruan Tinggi global di beberapa negara tujuan

Tunggu apalagi⁉️ Siapkan langkahmu menuju pengetahuan baru yang menginspirasi! 📚🌐

Segera daftar di:  beasiswa.kominfo.go.id !

Pastikan kamu sudah memenuhi persyaratan dan mempersiapkan kelengkapan berkasmu ya sobat!

Menghibur si kecil dengan cara yang sederhana dan tidak perlu mahal


sumber foto : pribadi


Minggu adalah hari libur yang selalu dinantikan setelah 7 hari berlalu dengan kegiatan dan aktivitas masing masing. Hari ini kami berencana untuk bermain di kota subang saja, di tempat yang bernama lapang bintang atau yang lebih dikenal dengan nama “GOR”.


Perjalanan dari rumah ke GOR kurang lebih 9 km, kalau menggunakan kendaraan pribadi bisa sampai dalam waktu 15 menit saja, tapi kalau pakai kendaraan umum bisa sampai 30 menit.


Kalau aku bilang, GOR ini seperti pasar pagi. Karena banyak sekali pedagang yang berjualan disana. Mulai dari bahan makanan, aneka jajanan hingga pakaian. Namun kali ini kita hanya akan berkeliling di tempat arena permainan anak anak saja.


  1. Delman


sumber foto : pribadi

karena sudah sangat pesatnya kemajuan teknologi pada zaman sekarang, sehingga alat transportasi yang satu ini ( delman ) sudah sangat jarang sekali kita temui. Walaupun fungsi utamanya sebagai alat transportasi, namun delman juga bisa difungsikan sebagai alat hiburan anak anak di beberapa tempat wisata atau tempat permainan anak. 


Delman menjadi salah satu favorit anak anak untuk tumpangi bersama teman teman sebaya nya agar bisa keliling di area tempat wisata. Biaya untuk naik delman ini pun terbilang murah. Hanya cukup mengeluarkan 15.000 untuk satu kali putaran. 


  1. Mobil Mobilan



sumber foto : pribadi

Permainan yang satu ini juga sangat menarik perhatian anak anak. Untuk anak yang suka dengan kecepatan, mobil mobilan ini bisa menjadi pilihan. Karena si anak bisa langsung mengendarai mobil mobilan dengan kecepatan yang bisa diatur sendiri oleh mereka. Namun ada baiknya, para orang tua tetap memantau anak anaknya agar tetap berhati hati dalam permainan ini. Permainan ini lebih banyak diminati oleh anak laki laki, namun anak perempuan pun tidak ada salahnya untuk mencoba, seperti anakku yang penasaraan untuk mencobanya.


  1. Kuda kudaan


sumber foto : pribadi

Namanya juga anak kecil, selalu penasaran dengan apa yang ada di depan mata. Setelah puas dengan bermain mobil mobilan, kini penasaran dengan permainan kuda kudaan. Sebenarnya nama permainannya sendiri, aku juga gak tau apa namanya. ada banyak jenis hewan yang dijadikan sebagai model atau tampilan dari permainan ini, seperti jerapah jerapahan, burung burungan, dll. Hanya saja, karena anakku naik nya jenis yang kuda, jadi aku panggil permainan ini “kuda kuda an”. Di bandrol dengan harga sewa sama dengan permainan yang lainnya yaitu 15.000, anak anak bisa menikmati permainan ini selama 10 menit. 



Lama sudah kami berada di GOR, tak terasa waktu berjalan begitu cepat. Hingga tak kami sadari hari sudah mulai siang dan udara pun sudah mulai terasa panas. Sebenarnya masih banyak lagi permainan yang belum anak aku mainkan, namun mengingat waktu nya sudah siang, kami memutuskan untuk pulang, dan akan kembali lagi di waktu yang akan datang, saat semua nya senggang agar bisa kesini lagi bersama sama. 


Dalam perjalanan pulang kami tak lupa untuk istirahat sejenak di kebun karet, walaupun hari sudah siang, namun di kebun karet masih terasa adem. mungkin karena di sana masih banyak pohon pohon sehingga hari tak terasa panas.


sumber foto : pribadi


Dengan melihat anak tersenyum bahagia saat bermain, membuat orang tua pasti ikut merasa bahagia. Kebersamaan dan kebahagiaan tidak mesti harus ke tempat yang mewah dan mahal, yuk eksplor tempat bermain di sekitar tempat kita tinggal.


BEASISWA FULL D4/S1, S2 & S3 BPI (Beasiswa Pendidikan Indonesia)



Program ini terbuka untuk seluruh masyarakat Indonesia yang memenuhi persyaratan BPI pada jalur yang ingin didaftar. 

Untuk mendaftar program ini wajib telah diterima diperguruan tinggi sesuai jalur/jenis beasiswa yang ingin didaftar sebagai calon mahasiswa baru.

 CAKUPAN BEASISWA:
1. Dana Pendidikan, meliputi:
    a. Dana SPP (Tuition Fee)
    b. Dana Pendaftaran
    c. Dana Tunjangan Buku
2. Biaya Pendukung, meliputi:
    a. Dana Transportasi
    b. Dana Asuransi Kesehatan
    c. Dana Kedatangan
    d. Dana Hidup Bulanan
    e. Dana Keadaan Darurat (Force Majeure)
    f. Tunjangan Keluarga

Info lengkap baca di www.beasiswa.kemendigbud.go.id
Batas waktu pendaftaran s/d 15 JUNI 2025.