CARA MENJAGA KESEHATAN TUBUH SAAT RAMADHAN





Menjaga kesehatan itu sangat penting untuk kita semua, terutama untuk kita yang menjalankan ibadah puasa. Karena dengan sehat, puasa kita akan lancar dan tidak ada kendala yang berarti. Beberapa hal yang mungkin akan mempengaruhi kesehatan tubuh kita di awal awal menjalani puasa, karena tubuh kita mengalami masa perubahan yang signifikan dari kebiasaan kebiasaan sebelumnya. Berikut ini beberapa cara menjaga kesehatan tubuh saat ramadhan 


  1. Mencukupi asupan nutrisi saat sahur dan berbuka


asupan nutrisi yang seimbang sangat penting bagi tubuh kita dalam menjaga metabolismenya. Memperlancar saluran pencernaan dan memenuhi semua zat yang di butuhkan oleh tubuh kita. Nutrisi yang baik juga mempunyai peranan penting menjaga kesehatan, terutama dalam hal menyimpan energi untuk tubuh kita agar siap menjalani ibadah puasa. Untuk itu cukupi tubuh kita dengan asupan nutrisi pada saat sahur dan berbuka dengan memakan makanan 4 sehat 5 sempurna agar tubuh siap menjalani ibadah puasa. 


  1. Minum air putih 


Air putih terbukti mempunyai banyak manfaat bagi tubuh kita. Dia dapat mengeluarkan racun dalam tubuh melalui urine dan keringat, selain itu air putih juga dapat meningkatkan konsentrasi kita. Kekurangan air putih dapat mengakibatkan terjadinya dehidrasi dan dapat mengganggu kegiatan ibadah puasa kita di bulan suci ramadhan. Cukupi air putih harian tubuh kita dengan meminumnya sebanyak 2 liter atau 8 gelas. 


  1. Olahraga ringan



Olahraga teratur dapat membuat badan menjadi lebih sehat, apalagi dibulan ramadhan ini. Lakukan olah raga ringan yang tidak terlalu menguras energi kita. lakukan olah raga ringan setiap hari selama 30 menit, seperti senam atau yoga, cukup untuk membuat tubuh kita menjadi lebih bugar.


  1. Istirahat yang cukup

Berkegiatan di bulan suci ramadhan selalu mendatangkan hal baik untuk diri kita. apapun yang kita lakukan akan selalu mendapatkan pahala darinya. Namun hindari kegiatan yang berlebihan dan Istirahatlah yang cukup setelah melakukan kegiatan. Dengan beristirahat yang cukup, bukan berarti kita bermalas malasan, karena kita hanya mengupayakan agar semua kegiatan kita lancar di bulan suci ramadhan ini dengan beristirahat secukupnya.



Sudah seminggu kita menjalani ibadah puasa, masih sehat kah badan kita? lakukan tips diatas agar badan kita selalu terjaga kesehatannya ya.. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar