Tips Menjaga Kesehatan di Musim Hujan


Assalamualaikum,,,, 

Kembali menulis di pagi hari, tema ODOP hari ini adalah Tips Menjaga Kesehatan Di Musim Hujan


Setelah melalui musim kemarau yang panjang sekali di tahun ini, banyak sekali petani ikan yang gulung tikar karena efek ga ada air di kolam, dan itu berefek pula pada omset penjualan pakan aku yang anjlok banget, hik hik hik… 


Kini alhamdulillah musim penghujan sudah didepan mata, musim hujan ini disambut dengan riang gembira oleh para bandar dan petani ikan, dengan harapan air akan segera datang dan kolam akan kembali terisi penuh sehingga mereka bisa memulai usahanya lagi, yaitu menanam ikan. 


Namun, tidak hanya mendatangkan suka cita. hujan juga membuat hati para petani harap harap cemas. Kenapa cemas? Karena bila hujan terus menerus akan menyebabkan upwelling yang membuat ikan manjadi mabok.  Upwelling ini akan membuat ikan banyak yang mati, sehingga menyebabkan kerugian untuk para petani ikan. 


Eh lah kok ya malah ngomongin ikan, maaf ya pemirsa,,,, 


Musim pancaroba yaitu pergantian dari musim panas ke musim hujan, dimusim ini membuat tubuh menjadi lebih mudah diserang penyakit. Sehubungan dengan kerjaan aku yang ga selalu ada di belakang meja, terkadang aku pun harus keliling untuk melihat langsung keadaan lapangan baik panas maupun hujan.


Selain tips menjaga kesehatan yang pernah aku tulis di artikel sebelumnya di jaga kesehatanmu ( di klik aja ya, nanti muncul kok artikel sebelumnya, hehehe ), aku juga akan coba berbagi tips menjaga kesehatan di musim hujan. 


  1. Jangan hujan hujanan

Tips nya receh banget kan,, tapi emang menurut aku ini termasuk yang paling ampuh sih. Kalau lihat anak hujan hujanan itu emang seneng banget keliatannya ya, tapi dibalik kesenangan sesaat akan menimbulkan rasa sakit di keesokan hari nya. 


  1. Pakai baju hangat atau jaket

Buat aku yang kesana kesini pake motor, wajib hukumnya pake baju hangat atau jaket. Untuk menghindari masuk angin ya temen temen. Lebih baik mencegah kan, daripada mengobati


  1. Selalu bawa jas hujan

Hujan turun ga pernah ngasih kabar, karenanya aku selalu sedia jas hujan di dalam jok motor. So, ga perlu khawatir lagi kalo hujan di tengah jalan dan ga ada tempat meneduh, mau ga mau jalan terus pake jas hujan. 


  1. Makan makanan berkuah panas

bila tubuh kamu sudah mulai kedinginan, aku saranin makan makanan berkuah panas, contoh nya sayur sop. Karena dia berbumbu lada, dah kuahnya yang panas dapat menghangatkan tubuh kita yang kedinginan itu. 


Hal hal diatas, aku lakukan selama musim hujan dan aku merasakan manfaatnya selama ini. Semoga, tips tips diatas juga bisa bermanfaat para pembaca semuanya ya   

 






8 komentar:

  1. hiii, jangan hujan-hujanan ya ka eka, untungnya aku gak suka hujan-hujanan

    BalasHapus
  2. kalo disini kak, anak2 justru dibiarin hujan2an, asal hujan yg lebat ya. Kalo hujan panas atau gerimis no no no

    BalasHapus
    Balasan
    1. anak anak emang pada seneng hujan hujanan ya kak.. tp aku engga, coz, udah tua. hehehe

      Hapus
  3. Aku suka sekali hujan2an kak, tp kalau hujan lebat, habis itu mandi basahin rambut, enak deh tidurnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. langsung lelap ya tidurnya kl udah bersih bersih,, :)

      Hapus