Aku Sudah Baligh



Assalamualaikum wr wb,,,,

Hai teman teman, ini pertama kalinya aku mereview buku. Aku merasa tertantang dengan ajakan kak asri @rumahceritaasri untuk mereview 1 buku dalam 1 mimggu. 

Aku belum mempunyai banyak koleksi buku karena dulu tempat tinggal berpindah pindah jadi buku yang ada pun entah dimana.

Untuk review buku pertama ini, aku pinjam dari anak aku yang paling besar. Kebetulan dia sudah beranjak remaja waktu itu sehingga aku beli buku ini untuknya, dan akhirnya akupun ikut membacanya.. 

Judul : Aku Sudah Baligh

Penulis : Nizar Sa’ad Jabal, Lc.,M.Pd. & Mu’ammar Abdullah at-Tamimi, Lc.

Penerbit : Perisai Qur’an


ISBN : 978-602-6356-65-9


And the blurn : 

Buku “aku sudah baligh” ini membahas banyak hal, tentang masa baligh bagi perempuan, mulai dari tanda tanda, kewajiban dan larangan.


Review : 

Buku ini menceritakan tentang perubahan seorang anak kecil bernama Aisyah menjadi remaja. Tanda tanda perubahan itu dimulai dengan datangnya menstruasi pertama. Hal yang membuat hati Aisyah takut, bingung dan resah…

Lalu apa yang aisyah rasakan dan lakukan, temukan jawabannya di buku “aku sudah baligh” Ini. 

Membaca buku ini membuat aku mengingat masa masa pubertas dulu. Hal hal sederhana yang bila belum kita ketahui membuat hati menjadi panik, sama yang seperti Aisyah rasakan. 

Buku ini membahas hal hal sederhana namun bermanfaat. Untuk para anak yang beranjak remaja sepertinya harus membaca buku ini. Disajikan dalam bentuk cerita, membuat kita mudah memahaminya.. 

Kehangatan yang gambarkan dalam keluarga Aisyah dapat dijadikan contoh oleh kita semua, agar dapat mendidik anak dengan baik dan benar. 

“Karena jika sudah baligh seperti Aisyah, ia akan berdosa jika meninggalkan shalat”

Kalimat itu mengingatkan pembaca akan dosa bila tidak mengerjakan shalat.

Banyak hadis hadis yang memperkuat hal yang disampaikan di dalam buku ini, seperti 

“ dari Abdullah bin Amr, ia berkata Rasulullah bersabda : suruhlah anak kalian shalat ketika berumur tujuh tahun! Dan pukullah mereka ketika berusia sepuluh tahun (jika mereka meninggalkan shalat)! Dan pisahkan lah tempat tidur mereka (antara anak laki laki dan anak perempuan)! (H.R. Abu Dawud no 495; Ahmad, II/180, 187; Al-Hakim, I/197; Dan al-Baghawi dalam Syarhus Sunah, II/406, no.505 dengan sanad hasan) “

Sebagai orang tua, aku merekomendasikan buku ini untuk para anak yang beranjak remaja, terutama untuk anak perempuan. Karena buku ini sangat membantu sekali untuk menambah ilmu kalian tentang hal hal yang perlu kalian ketahui pada masa itu/masa pubertas.

Cukup sekian review aku, semoga bermanfaat dan dapat dijadikan referensi bacaan kalian semua.. 

Wasalamualaikum wr wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar