Agar lebih produktif menulis, yuk lakukan tips ini







Sudah lama aku ingin menulis, mengeluarkan unek unek yang ada di kepala, menceritakan hal yang tidak bisa diungkapkan karena takut mendapat tanggapan yang tidak menyenangkan. Mudah memang mendengarnya, hanya menulis saja kok, tinggal coret coret aja di buku, ga ada rintangannya. Eits jangan salah, itu anggapan aku dulu ya,,,


Mendalami menulis, mulai belajar dari yang sudah berpengalaman dari fasilitas internet yang sekarang mudah di akses, ternyata tidaklah mudah. Banyak hal hal yang aku tidak ketahui sebelumnya, dan banyak hal yang perlu aku pelajari dari fasilitas aplikasi yang sudah banyak beredar di internet, aplikasi yang memudahkan untuk menulis dimana saja


Semakin banyak aku belajar, semakin banyak aku mengetahui bahwa aku sudah tertinggal jauh. Bahkan aku baru tau kalau kita bisa menulis di blog, dan bila blog kita banyak dikunjungi, maka akan mendapatkan penghasilan dari sana. Dan aku mulai belajar blog sejak tau itu. 


Hal pertama yang aku pelajari bagai mana cara membuat blog, serching ke mbah google tapi masih belum banyak yang aku pahami. seketika muncul di beranda akun instagramku kelas ngeblog untuk pemula, dari sana lah aku mulai agak memahami apa itu blog, bagaimana membuatnya, bagaimana cara penulisannya, dan dari kelas itu oula aku baru tau kalau blog kita itu harus mempunyai niche agar pengunjung tau, isi blog aku itu tentang apa.


Berhubung aku masih belajar, aku belum mempunyai niche yang tepat untuk artikel artikel di blog. Mungkin akan ketemu temanya setelah aku rajin menulis artikel, sehingga aku akan tau arah dan tujuan nya blog aku ini. Sebagai emak, untuk rajin menulispun bukan lah hal yang mudah, disamping dengan pekerjaan rutinasnya, aku juga harus belajar konsisten dalam menulis. Namun, bukan lah mudah bukan berarti aku tidak bisa. Aku menerapkan beberapa tips menulis yang sedang aku kerjakan saat ini


  1. Menulis hal kecil

untuk mendapatkan yang besar, aku perlu hal hal kecil. Sama dengan hal nya menulis, untuk mendapatkan artikel yang panjang, berisi dan besar, aku perlu menulis hal yang kecil, karena dari sini lah akan muncul kalimat demi kalimat yang bisa menyatu menjadi paragraf. 


  1. Menulis apa yang ada di pikiran



Biasanya ide muncul di tempat dan disaat yang ga pernah aku kira. Ide ide itu harus langsung aku tulis, karena biasanya bila aku menunda untuk menulisnya, maka ide itu pun akan hilang tanpa disadari. Biasanya aku langsung tulis ide menggunakan aplikasi google dokumen yang selalu siap sedia dalam handphone, kemana pun dan kapanpun aku butuhkan. 


  1. Rajin membaca



Untuk menambah wawasan, terkadang aku harus membaca. Dengan membaca, aku jadi banyak tau kosa kata dan menjadikan tulisan ku lebih bervariasi karena kalimat yang aku gunakan tidak hanya itu itu saja, alias tidak membosankan. 


  1. Menjadwalkan apa yang ingin aku tulis



Agak susah emang kalau menulis di jadwal, karena belum tentu apa yang ada dipikiran kita sama dengan apa yang ada di jadwal kita. Dengan menjadwalkan tulisan, akan memudahkan kita di kemudian hari apabila kita beruntung mendapatkan klien yang sudah menentukan tema.


Masih banyak penulis yang lrbih pandai dalam mrmberikan tips nya, tapi imsyaallah walaupun masih baru dalam dunia penulisan, tips yang aku sebut diatas tadi bisa bermanfaat. Karena selama program ODOP ini, aku selalu pake tips tersebut.



11 komentar:

  1. Salfok sama tulisan tangannya kak Eka..bagus😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih bayak yang lebih bagus kak winda.. Bedewe, makasih pujiannya 🙏

      Hapus
  2. Betul,kak. Ide bisa datang kepan aja, tp kalau gak langsung di tulis,, tanpa kita sadari hilang begitu aja..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener kan, makanya aku selalu langsung masuk ke google dokumen kl ada ide.

      Hapus
  3. Wah langsung dijadwalkan ya kak ide nulisnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, mencoba untuk konsisten di hari yg sama dengan tema yg sama.

      Hapus
  4. Rapi banget tulisan tangannya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, tp msh banyak yg lebih rapi kak.

      Hapus
  5. Aku jg menuliskan hal2 kecil kak, entah di hp atau di note.

    BalasHapus
  6. Mksih ya kak tips nya, boleh banget nih aku coba

    BalasHapus